Beberapa cara Pembelian melalui Online Shop
I. PRODUK
Pilihlah
produk yang sesuai minat kebutuhan. beberapa jenis yang ditawarkan
banyak sekali . saya kasih contoh misalnya untuk pembelian : Jaket
Sepakbola di ButikSoccer Sedia : jaket , hoddie, polo, kaos, kemeja khusus sepakbola.
1.
hubungi Penjual nya melalui nomor telepon atau Pin BB yang dicantumkan
di iklan Promo nya. ( kalau tidak ada contac person sebaiknya jangan
membeli terlebih dahulu )
2. Lebih disarankan untuk menelepon
daripada SMS , supaya bisa jelas mendengar semua penjelelasan dari
penjual tentang produk yang kita inginkan .
Contoh Gambar :
3. hal hal yg perlu ditanyakan mungkin sebagai berikut :
- produknya ada atau tidak
- ukuran apa saja yang ready
- harga berapa , ada diskon atau tidak
- ongkos kirim nya berapa ke .....
- berapa lama kira kira sampai ?
* Sisanya tinggal dilanjutkan melaui sms dan lain lain.
*
untuk Produk yang masih Pre order ( masih produksi ) harap untuk betul
betul bertanya sedetail mungkin. karena kita memesan yang barangnya
belum ada.
4. kalau kita sudah yakin untuk memesan
barang tersebut , silahkan bertanya kepada penjual, apa langkah
selanjutnya untuk mulai memesan.
II. TRANSFER
kita
bahas soal Transferan. Beberapa online shop pasti meminta transfer dulu
baru brang dikirim. tapi ada online shop juga berani mengirimkan barang
terlebih dahulu baru uang. tapi kita membahas yang sudah berlaku sekian
lama yaitu Transfer dulu >> baru kirim barang .
hal hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
-
minta no rekening tujuan kepada pihak penjual. biasanya BCA, MANDIRI,
BRI. pilih saja yang umum dipakai atau yang mudah untuk transfer ATM
antar Bank. Contoh : BCA, MANDIRI , BRI .
( untuk tata cara
transfer mungkin sudah dijelaskan di posting sebelumnya ) yang perlu
diperhatikan adalah Rekening tujuan tersebut ada sebaiknya kita cek
melalui google .
1. masukan no rekening tujuan ke google. untuk mengecek valid tidaknya, bermasalah atau tidaknya rekening tujuan tersebut.
2.
apabila kita menemukan kejanggalan , lebih baik hentikan ke proses
selanjutnya. biasanya rekening yg bermasalah pasti terdeksi di google
atau di sebuah forum tertentu yang ter index google.
3. kalau tidak menemukan kejanggalan apapun atau kategori aman. bisa dilanjtukan ke proses berikutnya.
III. KONFIRMASI TRANSFER
Setelah
kita sudah melakukan transfer. segera lakukan konfirmasi transfer
kepada pihak penjual. ini penting. bisa melalui SMS atau langsung Telp.
yang perlu dikonfirmasi adalah sebagai berikut , untuk mempermudah :
1. sudah transfer ke rekening Bank ....
2. Total transfer ....
3. Atas nama pengirimnya .. ( nama rekening agan )
4. No record/ no trx / ( kalau diperlukan )
" mohon segera diproses.makasih."
- kita tunggu proses response dari penjual. dalam hal ini kepercayaan kepada penjual sangat penting, begitupun sebaliknya.
IV. PENGIRIMAN BARANG
Setelah
konfimasi transfer sudah dilakukan. tinggal selanjutnya adalah menunggu
konfimasi dari penjual untuk pengiriman barang . ada baiknya kita
1.
cek setelah 1 jam transfer. dengan melaui SMS atau Telp ke no penjual.
hanya untuk sekedar mengetahui proses sudah sampai mana.* Note :
penjual juga manusia. tugas kita hanya mengetahui sudah sampai mana
proses nya apa sudah dikirim atau belum. bukan menekan penjual untuk
segera mengirimkan barang cepat cepat apalagi sampai menegur dan lain
sebagaianya. jadilah konsumen yang bijaksana dan bukan konsumen yang
ababil
2. kalau kita sudah mendapatkan rersponses dari penjual
bahwa barang sudah dikrim, selanjtunya adalah meminta bukti resi /
bukti kalau barang sudah dikirim. biasanya ini hal yg wajar dan penjual
sudah tau pasti akan memberikan butki resi nya kepada kita. ( bagi yang
menggunakan BB itu lebih mudah karena bisa minta gambar bukti foto resi
nya )
3. Setelah kita mendapatkan resi tersebut. segera langsung
cek resi tersebut ke website JNE, atau TIKI ( sebagai Biro Expedisi nya )
-
kalau masih belum bisa di deteksi, coba sekitar 3 jam lagi dicek.
karena biasanya masih baru dikirim. * gak perlu bingung atau terus telp
penjual bertanya sambil stress. tenang aja....biasakan berpikir dulu
sebelum bertindak.
Contoh RESI :
yang perlu diperhatikan adalah : Alamat dan no telp harus benar , agar tidak terjadi retur barang karena alamatnya salah.
no resi nya yang harus perhatikan yang di Bold di gambar di atas BDOC100569631112
itu sebagai pegangan kita kalau terjadi apa apa.
beberapa Norma Normas yang harus diperhatikan dan di pahami sebagai berikut , setelah barang dikrim :
1.
Alamat dan No hp harus sesuai dengan alamat yang kita berikan. kalau
terjadi kesalahan karena alamat yg kita kasih itu ternyata salah.
berarti kesalahan ada di pihak kita, karenakita salah kasih alamat. ada
baiknya minta maaf kepada penjual. dan minta tolong untuk segera
diperbaiki alamatnya kepada jne sebelum pick up barang oleh jne pusat.
oleh karena itu kita harus bisa komunikasi yang enak dan baik kepada
penjual.
2. kalau panjual sudah memberikan bukti resi kepada kita ,
sudah lepaslah tugas si penjual tersebut. tidak ada kewajiban dia lagi
untuk mengurusi pengiriman barang kita. dia sudah melaksanakan tugasnya.
dengan catatan resi yang sudah diberikan kepada kita sudah valid.
usahakan resi yang kita terima sudah benar .
3. Kalau barang belum
sampai sesuai janji penjual. bukan tugas penjual untuk dimarahi oleh
kita karena barang belum sampai juga. karena itu tugas JNE sepenuhnya.
tugas kita adalah mencari no telp pusat jne di tempat kita untuk
bertanya dengan resi yang kita punya.
* Buatlah kerjasama yang baik. agar suatu saat bisa menjadi pelajaran postif untuk proses beirkutnya.
V. BARANG ON HAND ( DITERIMA )
kalau
barang sudah sampai di rumah alias sudah kita terima. sebaiknya kita
cek apakah sudah sesuai pesanan atau belum. selanjutnya cek mungkin ada
cacat atau tidaknya. apabila kita menemukan ketidak sesuaian dari
pesanan kita. segera hubungi penjual untuk minta penjelasan dan meminta
barang segera ditukar. ongkos kirim adalah kewajiban penjual. karena
dalam hal ini kesalahan ada di pihak penjual. kalau kesalahan ada di
pihak kita otomatis ongkos kirim adalah menjadi tanggung jawab kita
sepenuhnya.
oleh karena itu biasakanlah berkomunikasi yang baik agar semua proses bisa lebih lancar dan dibantu.
VI. TESTIMONI
Penting
untuk penjual mendapatkan testimoni dari kita sebagai pelanggan. entah
kenapa hal itu menjadi kebanggan mereka . apa salahnya kalo kita merasa
puas dengan pelayanan yang diberikan bisa untuk memberikan testimoni
untuk meningkatkan penjualan mereka. kalau kita merasa kurang puas ,
kita bisa memberikan note nya kepada penjual tentang apa yang kurang .
sehingga itu bisa jadi masukan kepada penjual untuk memperbaikinya di
lain waktu.
kita bisa memberikan testomni leat sms atau telp. tapi
lebih baik lagi kita memberikan note tertulis di fb, twitter, atau di
blog penjual tersebut. penjual pun akan merasa senang kepad akita dan
besok besok kalau kita cocok dengan barang nya.. segera diberikan diskon
tertentu lho :)
berikut sebagian contoh testimoni dari online shop BUTIKSOCCER
untuk Lengkapnya ada disini : Testomini
Sekian untuk Posting hari ini. mudah mudahan bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar