Follow Us

Jumat, 18 Januari 2013

TIPS dan NORMA ONLINE SHOP

Beberapa cara Pembelian melalui Online Shop

I. PRODUK
Pilihlah produk yang sesuai minat kebutuhan. beberapa jenis yang ditawarkan banyak sekali . saya kasih contoh misalnya untuk pembelian : Jaket Sepakbola di ButikSoccer Sedia : jaket , hoddie, polo, kaos, kemeja khusus sepakbola.
1. hubungi Penjual nya melalui nomor telepon atau Pin BB  yang dicantumkan di iklan Promo nya. ( kalau tidak ada contac person sebaiknya jangan membeli terlebih dahulu )
2. Lebih disarankan untuk menelepon daripada SMS , supaya bisa jelas mendengar semua penjelelasan dari penjual tentang produk yang kita inginkan .
Contoh Gambar :
3. hal hal yg perlu ditanyakan mungkin sebagai berikut :
- produknya ada atau tidak
- ukuran apa saja yang ready
- harga berapa , ada diskon atau tidak
- ongkos kirim nya berapa ke .....
- berapa lama kira kira sampai ?
* Sisanya tinggal dilanjutkan melaui sms dan lain lain.
* untuk Produk yang masih Pre order ( masih produksi ) harap untuk betul betul bertanya sedetail mungkin. karena kita memesan yang barangnya belum ada.

4. kalau kita sudah yakin untuk memesan barang tersebut , silahkan bertanya kepada penjual, apa langkah selanjutnya untuk mulai memesan.

II. TRANSFER
kita bahas soal Transferan. Beberapa online shop pasti meminta transfer dulu baru brang dikirim. tapi ada online shop juga berani mengirimkan barang terlebih dahulu baru uang. tapi kita membahas yang sudah berlaku sekian lama yaitu Transfer dulu >> baru kirim barang .
hal hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
- minta no rekening tujuan kepada pihak penjual. biasanya BCA, MANDIRI, BRI. pilih saja yang umum dipakai atau yang mudah untuk transfer ATM antar Bank. Contoh : BCA, MANDIRI , BRI .
( untuk tata cara transfer mungkin sudah dijelaskan di posting sebelumnya ) yang perlu diperhatikan adalah Rekening tujuan tersebut ada sebaiknya kita cek melalui google .
1. masukan no rekening tujuan ke google. untuk mengecek valid tidaknya, bermasalah atau tidaknya rekening tujuan tersebut.
2. apabila kita menemukan kejanggalan , lebih baik hentikan ke proses selanjutnya. biasanya rekening yg bermasalah pasti terdeksi di google atau di sebuah forum tertentu yang ter index google.
3. kalau tidak menemukan kejanggalan apapun atau kategori aman. bisa dilanjtukan ke proses berikutnya.

III. KONFIRMASI TRANSFER
Setelah kita sudah melakukan transfer. segera lakukan konfirmasi transfer kepada pihak penjual. ini penting. bisa melalui SMS atau langsung Telp. yang perlu dikonfirmasi adalah sebagai berikut , untuk mempermudah :
1. sudah transfer ke rekening Bank ....
2. Total transfer ....
3. Atas nama pengirimnya .. ( nama rekening agan )
4. No record/ no trx / ( kalau diperlukan )
" mohon segera diproses.makasih."

- kita tunggu proses response dari penjual. dalam hal ini kepercayaan kepada penjual sangat penting, begitupun sebaliknya.

IV. PENGIRIMAN BARANG




Setelah konfimasi transfer sudah dilakukan. tinggal selanjutnya adalah menunggu konfimasi dari penjual untuk pengiriman barang . ada baiknya kita
1. cek setelah 1 jam transfer. dengan melaui SMS atau Telp ke no penjual. hanya untuk sekedar mengetahui proses sudah sampai mana.* Note : penjual juga manusia. tugas kita hanya mengetahui sudah sampai mana proses nya apa sudah dikirim atau belum. bukan menekan penjual untuk segera mengirimkan barang cepat cepat apalagi sampai menegur dan lain sebagaianya. jadilah konsumen yang bijaksana dan bukan konsumen yang ababil
2. kalau kita sudah mendapatkan rersponses dari penjual bahwa barang sudah dikrim, selanjtunya adalah meminta bukti resi / bukti kalau barang sudah dikirim. biasanya ini hal yg wajar dan penjual sudah tau pasti akan memberikan butki resi nya kepada kita. ( bagi yang menggunakan BB itu lebih mudah karena bisa minta gambar bukti foto resi nya )
3. Setelah kita mendapatkan resi tersebut. segera langsung cek resi tersebut ke website JNE, atau TIKI ( sebagai Biro Expedisi nya )
- kalau masih belum bisa di deteksi, coba sekitar 3 jam lagi dicek. karena biasanya masih baru dikirim. * gak perlu bingung atau terus telp penjual bertanya sambil stress. tenang aja....biasakan berpikir dulu sebelum bertindak.
Contoh RESI :

yang perlu diperhatikan adalah : Alamat dan no telp harus benar , agar tidak terjadi retur barang karena alamatnya salah.
no resi nya yang  harus perhatikan yang di Bold di gambar di atas BDOC100569631112
itu sebagai pegangan kita kalau terjadi apa apa.
beberapa Norma Normas  yang harus diperhatikan dan di pahami sebagai berikut , setelah barang dikrim : 
1. Alamat dan No hp  harus sesuai dengan alamat yang kita berikan. kalau terjadi kesalahan karena alamat yg kita kasih itu ternyata salah. berarti kesalahan ada di pihak kita, karenakita salah kasih alamat. ada baiknya minta maaf kepada penjual. dan minta tolong untuk segera diperbaiki alamatnya kepada jne sebelum pick up barang oleh jne pusat. oleh karena itu kita harus bisa komunikasi yang enak dan baik kepada penjual.
2. kalau panjual sudah memberikan bukti resi kepada kita , sudah lepaslah tugas si penjual tersebut. tidak ada kewajiban dia lagi untuk mengurusi pengiriman barang kita. dia sudah melaksanakan tugasnya. dengan catatan resi yang sudah diberikan kepada kita sudah valid. usahakan resi yang kita terima sudah benar .
3. Kalau barang belum sampai sesuai janji penjual. bukan tugas penjual untuk dimarahi oleh kita karena barang belum sampai juga. karena itu tugas JNE sepenuhnya. tugas kita adalah mencari no telp pusat jne di tempat kita untuk bertanya dengan resi yang kita punya.

* Buatlah kerjasama yang baik. agar suatu saat bisa menjadi pelajaran postif untuk proses beirkutnya.

V. BARANG ON HAND ( DITERIMA )
kalau barang sudah sampai di rumah alias sudah kita terima. sebaiknya kita cek apakah sudah sesuai pesanan atau belum. selanjutnya cek mungkin ada cacat atau tidaknya. apabila kita menemukan ketidak sesuaian dari pesanan kita. segera hubungi penjual untuk minta penjelasan dan meminta barang segera ditukar. ongkos kirim adalah kewajiban penjual. karena dalam hal ini kesalahan ada di pihak penjual. kalau kesalahan ada di pihak kita otomatis ongkos kirim adalah menjadi tanggung jawab kita sepenuhnya.
oleh karena itu biasakanlah berkomunikasi yang baik agar semua proses bisa lebih lancar dan dibantu.

VI. TESTIMONI
Penting untuk penjual mendapatkan testimoni dari kita sebagai pelanggan. entah kenapa hal itu menjadi kebanggan mereka . apa salahnya kalo kita merasa puas dengan pelayanan yang diberikan bisa untuk memberikan testimoni untuk meningkatkan penjualan mereka. kalau kita merasa kurang puas , kita bisa memberikan note nya kepada penjual tentang apa yang kurang . sehingga itu bisa jadi masukan kepada penjual untuk memperbaikinya di lain waktu.
kita bisa memberikan testomni leat sms atau telp. tapi lebih baik lagi kita memberikan note tertulis di fb, twitter, atau di blog penjual tersebut. penjual pun akan merasa senang kepad akita dan besok besok kalau kita cocok dengan barang nya.. segera diberikan diskon tertentu lho :)
berikut sebagian contoh testimoni dari online shop BUTIKSOCCER
untuk Lengkapnya ada disini : Testomini







Sekian untuk Posting hari ini. mudah mudahan bermanfaat.